Sensasi Terbang dan Melayang di Pantai Timang

Bebatuan Karang Pantai Timang, Jogjakarta, Indonesia
Pantai Timang berlokasi di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, yang menyuguhkan Pasir Nan Putih di Pantai Gunung Kidul. Pantai ini bertempat di sebelah barat Pantai Nglambor, Pantai Jogan, dan Pantai Siung atau di sebelah timur sejajar dengan Pantai Seruni, Pantai Pok Tunggal, Pantai Ngetun. Jarak dari Kota Wonosari ke Pantai Timang kurang lebih 35 km.
Mungkin, saat ini belum banyak yang mengenal Pantai Timang ini, Ada banyak alasan kenapa Pantai Timang belum banyak dikenal atau bahkan diketahui keberadaannya. Salah satunya mungkin karena untuk menemukan pantai ini saja cukup sulit. Jika kita datang dari kota Wonosari, kita harus menyusuri Jl Baron. Setelah sampai di pertigaan Mulo, kita harus belok ke kiri, ke jalan yang menuju ke Pantai Siung. Sebelum sampai ke Pantai Siung, kita akan menemukan Pasar nDakbong. Dari pasar ini, kita harus bertanya ke penduduk setempat karena memang belum ada papan penunjuk jalan menuju ke Pantai Timang. Sedangkan jalan menuju ke Pantai Timang bukanlah jalan yang beraspal mulus. Jalan yang harus dilewati adalah jalan sepanjang sekitar 5 km yang mungkin akan terasa menarik bagi para penggemar off road

Sensasi Kereta Gantung di Pantai Timang
Lalu jika memang Pantai Timang sangat sulit untuk dijangkau, untuk apa kita pergi kesana?
Ada sebuah pengalaman Ekstrim yang akan ditawarkan oleh Pantai Timang saat anda berkunjung kesana, nyali anda akan diuji dengan menaiki Gondola Pantai Timang, kereta gantung tradisional, dimana anda akan menaiki kereta gantung ini, ditarik tenaga manusia dari Pantai Timang ke sebuah pulau kecil di tengah laut yang bernama Pulau Watu Panjang dan merasakan sensasi terbang, melayang dan terkena deburan ombak. Kereta gantung ini tidak semodern seperti kereta-kereta gantung yang ada di Ibu Kota, kereta gantung ini dibuat dengan bahan-bahan yang sangat sederhana yaitu dengan kayu dan tali atau tambang sebagai penghubungnya, maklum saja, apabila digunakan sling besi, maka sling besi tersebut akan cepat rusak terkena air laut. Sebenarnya, kereta gantung ini bukanlah fasilitas yang disediakan untuk wisatawan karena digunakan untuk nelayan yang ingin menyeberang ke batu karang untuk memancing lobster dan dijual kembali atau dikonsumsi sendiri.
Pulau Watu Panjang dilihat dari Karang Pantai Timang
Untuk dapat menaiki kereta gantung ini, anda diharuskan membayar. Awalnya, kereta gantung ini bisa dinaiki dengan gratis. Namun, setelah banyak wisatawan yang datang ke pantai ini mencoba kereta gantung ini, para nelayan berinisiatif untuk menetapkan tarif untuk menambah penghasilan mereka. Tarifnya cukup lumayan mahal (Rp. 200.000 menurut beberapa warga), maklum saja, bukan perkara mudah menarik sesorang di sebuah kereta gantung dengan tenaga manual, diperlukan sebuah tenaga yang besar dan keahlian khusus. Akan tetapi, pengalaman yang anda rasakan sebanding dengan harga yang anda bayar.
Dan perlu anda ketahui, Pantai Timang Yogyakarta sendiri bukanlah pantai yang secara komersil dibuka, jadi tidak usah heran jika anda tidak dapat menemukan fasilitas apapun di sana dan tanpa adanya tiket masuk, jadi jika anda hendak berkunjung kesana, siapkanlah bekal dari rumah sebelum menuju ke Pantai Timang.

Koordinat GPS : 8°10'33"S   110°39'46"E




Rumah Kita Homestay - Homestay Jogja, Sewa Rumah Harian Aman, Nyaman dan Berkesan
rumahkitahomestay@yahoo.co.id
PH : +6285733310169 / +6285743535255