Bakpia Pathok, Awal Sejarah Bakpia di Kota Jogja

Bakpia Patok Jogjakarta
Yogyakarta sebagai tempat tujuan wisata memiliki banyak makanan khas yang dapat menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota gudeg ini. Banyak sekali alternatif oleh-oleh berupa makanan yang dapat dipilih oleh para wisatawan. Bakpia merupakan salah satu kekayaan kuliner yang dapat diperoleh ketika berkunjung ke Kota Yogyakarta. Melihat latar belakang sejarahnya, Bakpia sebenarnya berasal dari negeri Cina, aslinya bernama Tou Luk Pia yang artinya adalah kue pia (kue) kacang hijau. Bakpia sendiri berbentuk kue dengan kacang hijau di dalamnya. Meskipun demikian, saat ini isi dari Bakpia telah banyak di modifikasi tidak hanya dengan Kacang hijau tetapi dengan bahan lainnya dengan beraneka ragam rasa.

Miss Universe Gabriela Isler Belajar Membuat Bakpia
Meskipun tampaknya sederhana, namun proses pembuatan Bakpia tidak semudah yang kebanyakan penikmat kuliner pikirkan. Di dalam proses pembuatan Bakpia proses pembuatannya harus ditangani oleh orang yang sudah ahli membuat Bakpia. Proses-proses tersebut meliputi pembuatan bahan, pembentukan, pengkukusan samapai tahap pendinginan yang jika tidak dilakukan dengan benar, kemungkinan besar akan mengalami kegagalan produksi.
Munculnya Bakpia di Yogyakarta tidak terlepas dari sejarah pertama Bakpia di Pathuk Yogyakarta. Bakpia mulai diproduksi di kampung Pathok Yogyakarta, sejak sekitar tahun 1948. Waktu itu masih diperdagangkan secara eceran dikemas dalam besek tanpa label, peminatnya pun masih sangat terbatas. Proses itu berlanjut hingga mengalami perubahan dengan kemasan kertas karton disertai label tempelan.

Modifikasi Rasa dan Bentuk Bakpia
Seiring dengan perkembangan jaman, pada tahun 1980 mulai muncul kemasan Bakpia yang telah berlabel yang bisanya beridentitaskan nomor alamat rumah yang berawal dari bisnis keluarga ( Bakpia 25, Bakpia 75 dsb ) . Kemunculan Bakpia itu terus berkembang dan telah mengalami puncak ketenaran sebagai oleh-oleh pada tahun 1992 sampai saat ini. Bakpia Pathuk sudah sangat terkenal dan biasa di jadikan oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Saat ini Bakpia itu telah meyebar di seluruh wilayah Yogyakarta dan tidak hanya terpusat di Pathuk saja meski tidak dapat dipungkiri bahwa rasa original dari bakpia hanya dapat anda dapatkan di Kampung Pathok















Rumah Kita Homestay - Homestay Jogja, Sewa Rumah Harian Aman, Nyaman dan Berkesan
rumahkitahomestay@yahoo.co.id
PH : +6285733310169 / +6285743535255